RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : SMA/MA ................
Mata
Pelajaran : PKn
Materi Pokok : Bangsa
dan Negara
o
manusia sebagai
mahkluk individu dan mahkluk sosial
o
Pengertian dan unsur terbentuknya
bangsa
o
Pengertian Negara dan Unsur-unsur
terbentuknya negara
-
Rakyat
-
Wilayah
-
Pemerintah yang berdaulat
-
Pengakuan dari negara lain
Kelas/Semester : X/1
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
I. STANDAR KOMPETENSI : 1. Memahami hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
II. KOMPETENSI DASAR : 1.1. Mendeskripsikan hakikat bangsa dan unsur-unsur
terbentuknya negara.
III. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :
No
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
1
|
Mendeskripsikan
kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial
|
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
|
2
|
Menganalisis pengertian bangsa dan unsur-unsur
terbentuknya bangsa
|
|
3
|
Menganalisis pengertian negara dan unsur terbentuknya
Negara
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
·
Percaya diri (keteguhan hati,
optimis).
·
Berorientasi pada tugas (bermotivasi,
tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·
Pengambil resiko (suka tantangan,
mampu memimpin)
·
Orientasi ke masa depan (punya
perspektif untuk masa depan)
TUJUAN PEMBELAJARAN :
1
Siswa dapat Mengkaji
berbagai literatur tentang kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan
makhluk sosial.
2
Siswa dapat mendiskusikan
hasil kajian literatur Pengertian dan unsur terbentuk-nya bangsa, Pengertian
Negara dan Unsur-unsur terbentuknya negara
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami hakikat bangsa dan
Negara Kesatuan Republik Indonesia
(NKRI).
·
Memahami hakikat bangsa dan
unsur-unsur terbentuknya negara
|
·
Menganalisis
pengertian bangsa dan unsur-unsur terbentuknya bangsa
·
Menganalisis
pengertian negara dan unsur terbentuknya Negara
|
·
Siswa berlatih Mendeskripsikan
kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial.
|
STRATEGI PEMBELAJARAN
No.
|
Kegiatan
Belajar
|
Waktu
(
Menit )
|
Aspek
lifeskill yang dikembangkan
|
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
1.
|
Pendahuluan
- Memberikan
salam siswa
- Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
|
15’
|
- Disiplin
- Kerjasama
- Keterampilan
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F
Menyampaikan kompetensi yang ingin
dicapai
F
Menjelaskan pengertian
negara dan unsur terbentuknya Negara
&
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F
Diskusi Kelompok tentang hakikat
bangsa dan unsur-unsur terbentuknya negara.
F
Tanya jawab
F
Latihan
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F
Menyimpulkan tentang hal-hal yang
belum diketahui
F
Menjelaskan tentang hal-hal yang
belum diketahui.
|
55’
|
- Kerjasama
- Kesungguhan
- Disiplin
- Uji
diri
|
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
|
3.
|
Penutup
- Evaluasi
/ Tanya jawab
- Penenangan
|
20’
|
- Pengendalian
diri
|
|
PERANGKAT
PEMBELAJARAN
1. Buku Kewarganegaraan Esis Kelas
X, karangan Dra. Retno Listyarti.
2. Darji Darmo-diharjo (1990), Pendidiikan Pancasila di Perguruan Tinggi,
Malang: Penerbit IKIP Malang.
3. Budiyanto (1999), Tata negara
untuk SMA, Jakarta Penerbit Erlangga
PENILAIAN DAN
TINDAK LANJUT
1. Penilaian
Kognitif
2. Penilaian
Afektif
..........., ....................
Mengetahui
Kepala SMA/MA ......... Guru Mata Pelajaran
.................................... .................................
NIP/NIK. NIP/NIK
JIKA
MENGHENDAKI PEMBUATAN PERANGKAT PEMBELAJARAN LENGKAP, BISA HUBUNGI 085868482296, 085228182296
Tidak ada komentar:
Posting Komentar