KAMI SIAP MEMBANTU TEMAN TEMAN GURU DALAM MEMBUAT ADMINISTRASI PEMBELAJARAN

Selasa, 28 Agustus 2012

RPP BERKARAKTER QUR'AN HADITS XII MA


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan      :  ..............................
Mata Pelajaran              :  AL-Qur’an Hadits
Kelas/Semester            :  XII / Ganjil
Alokasi Waktu               : 2 jam pelajaran


A.   Standar Kompetensi:
1.      Memahami ayat-ayat al Qur’an dan al Hadits tentang kewajiban berda’wah

B.   Kompetensi  Dasar
1.1    Mengartikan QS. An-Nahl: 125; QS. Asy-Syu’ara: 214-216, Al-Hijr: 94-96, dan hadits tentang kewajiban berda’wah

C.   Indikator Pencapaian Kompetensi :
§  Membaca QS. An-Nahl :125
§  Membaca QS.Asy-Syu’ara’:214-216.
§  Membaca QS. Al-Hijr:94-96
§  Membaca Hadits. tentang kewajiban berdakwah
§  Menyebutkan makna mufrada
§  Mengartikan QS. An-Nahl :125
§  Mengartikan QS. Asy-Syu’ara’:214-216.
§  Mengartikan Hadits. Tentang kewajiban berdakwah
   
Nilai Karakter Bangsa
v  Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab.

Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif
v  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
v  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
v  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
v  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)



D.   Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
§  Membaca QS. An-Nahl :125
§  Membaca QS.Asy-Syu’ara’:214-216.
§  Membaca QS. Al-Hijr:94-96
§  Membaca Hadits. tentang kewajiban berdakwah
§  Menyebutkan makna mufrada
§  Mengartikan QS. An-Nahl :125
§  Mengartikan QS. Asy-Syu’ara’:214-216.
§  Mengartikan Hadits. Tentang kewajiban berdakwah

E.   Materi Pembelajaran :
§  QS. An-Nahl: 125; QS. Asy-Syu’ara: 214-216, Al-Hijr: 94-96, dan hadits tentang kewajiban berda’wah

F.    Metode Pembelajaran
§  Model : Kooperatif Learning (Non Threatening Role Playing/Permainan ganti peran yang tidak menegangkan)
§  Metode: Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Simulasi/bermain peran, Refleksi

G.   Langkah Pembelajaran :
o   Pendahuluaan
§  Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat yang terkait dengan materi.
§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Tanya jawab secara klassikal pelaksanaan dakwah
o   Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
§  Siswa dibagi dalam kelompok.
§  Tiap kelompok membaca ayat ,dan masing-masing saling menyimak dan membetulkan bacaan apabila adayang kurang tepat dalam bacaannya.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
§  Setiap kelompok mempelajari makna mufrodat dengan tanya jawab.
§  Secara berpasangan siswa saling menyimak dan mengevaluasi untuk mengartikan masing-masing ayat  yang terkait dengan kewajiban berdakwah
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
§  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.

  • Penutup
§  Guru memberikan tugas mengerjakan soal yang telah disiapkan. (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,);
§  Guru memberikan tugas. (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,);
§  Refleksi/Aplikasi Quantum. (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi.);
§  Guru bersama siswa mengumandangkan sya’ir Thala’al Badru  dst….. (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,);

H.   Sumber Belajar :
§  Buku pelajaran siswa
§  Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§  Hamka, Tafsir al-Azhar, Jakarta, Pustaka Panjimas 
§  M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
§  Referensi perpustakaan
§  Internet

I.      Penilaian
o   Penilaian  Proses
o   Penilaian Hasil
§  Jenis Tagihan:
     Tes Tulis
     Tugas
§  Bentuk instrumen
     Tes Subyektif
     Tugas Individual




Mengetahui,
Kepala MA ……….



(………………………...……)
NIP/NIK:

…………….. ……..,  20…..
Guru Mapel AL-Qur’an Hadits



(………………………………..)
NIP/NIK:
  JIKA MENGHENDAKI PERANGKAT INI SECARA LENGKAP SILAHKAN HUB NO INI 085228182296, 085868482296 DGN BP. SURATNO

Tidak ada komentar: