KAMI SIAP MEMBANTU TEMAN TEMAN GURU DALAM MEMBUAT ADMINISTRASI PEMBELAJARAN

Jumat, 18 Januari 2013

RPP Qur'an Hadits MA Semester 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan      :  ..............................
Mata Pelajaran              :  AL-Qur’an Hadits
Kelas/Semester            :  XII / Genap
Alokasi Waktu               : 2x45 menit


A.   Standar Kompetensi:
6.      Memahami ayat-ayat al-Qur’an dan hadits tentang makanan yang halal dan baik

B.   Kompetensi  Dasar
6.2    Menjelaskan kandungan QS. Al-Baqarah:168-169 : QS. Al-Baqarah 172-173 dan hadits tentang makanan yang halal dan baik

C.   Indikator Pencapaian Kompetensi :
§  Menjelaskan kandungan ayat tentang perintah memakan makanan yang halal dan baik seperti terkandung dalam QS. Al-Baqarah:168
§  Menjelaskan kandungan ayat tentang larangan mendapatkan makanan dengan mengikuti langkah syetan sebagaimana terkandung dalam QS Al-Baqarah: 169
§  Menjelaskan kandungan ayat tentang  perintah memakan makanan yang baik dan bersyukur kepada Allah.seperti yang terkandung dalam QS Al-Baqarah:172
§  Menjelaskan kandungan ayat tentang makanan yang diharamkan oleh Allah seperti  terkandung dalam QS Al-Baqarah:173.

Nilai Karakter Bangsa
v  Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab.

Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif
v  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
v  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
v  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
v  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)


D.   Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
§  Menjelaskan kandungan ayat tentang perintah memakan makanan yang halal dan baik seperti terkandung dalam QS. Al-Baqarah:168
§  Menjelaskan kandungan ayat tentang larangan mendapatkan makanan dengan mengikuti langkah syetan sebagaimana terkandung dalam QS Al-Baqarah: 169
§  Menjelaskan kandungan ayat tentang  perintah memakan makanan yang baik dan bersyukur kepada Allah.seperti yang terkandung dalam QS Al-Baqarah:172
§  Menjelaskan kandungan ayat tentang makanan yang diharamkan oleh Allah seperti  terkandung dalam QS Al-Baqarah:173.

E.   Materi Pembelajaran :
§  Kandungan QS. Al-Baqarah:168-169
Perintah untuk memakan makanan yang halal dan baik
§  QS. Al-Baqarah 172-173
Perintah untuk memakan makanan yang baik, dan selalu bersyukur kepada Allah
Penegasan  bahwa makanan yang diharamkan Allah adalah bangkai , darah, daging babi, dan binatang yang disembelih dengan menyebut nama selain Allah.
§  Hadits tentang makanan yang halal dan baik, yaitu makanan yang diperoleh dari hasil kerja  dan usaha tangannya sendir

F.    Metode Pembelajaran
§  Model : Kooperatif Learning (Information Search/ student Group)
§  Metode : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi

G.   Langkah Pembelajaran :
o   Pendahuluaan
§  Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat  yang terkait dengan materi.
§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Tanya jawab secara klassikal masalah makanan halal dan haram

o   Kegiatan
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
§  Siswa dibagi beberapa kelompok. Setiap kelompok 4 siswa.
§  Masing-masing kelompok menggali informasi mengenai penjelasan atau tafsir dari ayat tentang makanan yang halal dan baik dari  berbagai sumber belajar.
§  Membahas satu persatu kandungan ayat dengan tanya jawab dan diskusi kelompok.
§  Apabila ada yang tidak faham dapat ditanyakan kepada teman atau guru.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
§  Siswa dibagi dalam kelompok kecil dua orang berpasangan.
§  Masing-masing mempelajari kandungan dari tiap-tiap ayat.
§  Selanjutnya secara bergantian saling menilai kemampuan mengartikan ayat dengan penilaian teman sebaya.
§  untuk menjelaskan kandungan masing-masing ayat yang terkait dengan makanan yang halal dan haram
§  Tanya jawab dengan guru apabila ada kandungan ayat  yang belum dipahami.
§  Siswa mengerjakan soal.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
§  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.

  • Penutup
§  Guru memberikan tugas mengerjakan soal yang telah disiapkan. (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,);
§  Guru memberikan tugas. (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,);
§  Refleksi/Aplikasi Quantum. (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi.);
§  Guru atau siswa yang ditunjuk membaca renungan.Siswa yang lain mendengarkan dengan khidmat. (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,);
§  Guru bersama siswa membaca do’a penutup majlis (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi.);

H.   Sumber Belajar :
§  Buku pelajaran siswa
§  Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§  Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka Panjimas
§  Humaidi Tata Pangarsa, Akhlak Mulia
§  M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
§  Referensi perpustakaan
§  Internet
§  Lingkungan sosial
§  Media audio visual
§  Media cetak

I.      Penilaian
o   Penilaian  Proses
o   Penilaian Hasil

Lembar diskusi
Pak Hasan sakit kritis, setelah dirawat di rumah sakit, sakitnya tidak kunjung membaik. Kemudian ada saran dari seorang tabib agar sakit Pak Hasan diobati secara tradisional, yaitu dengan memakan jantung ular. Bagaimana pendapat kalian sehubungan dengan masalah ini ?

Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
80-100
Memuaskan
4
70-79
Baik
3
60-69
Cukup
2
45-59
Kurang cukup
1

 
Lembar Penilaian Diskusi

Hari/Tanggal               : …………………………………
Topik diskusi/debat     : …………………………………
No
Sikap/Aspek yang dinilai
Nama Kelompok/ Nama peserta didik
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Penilaian kelompok
1.
Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik



2
Kerjasama kelompok



3
Hasil tugas



Jumlah Nilai Kelompok


Penilaian Individu Peserta didik
1.
Berani mengemukakan pendapat



2.
Berani menjawab pertanyaan



3.
Inisiatif



4.
Ketelitian



Jumlah Nilai Individu





Mengetahui,
Kepala MA ……….



(………………………...……)
NIP/NIK:

…………….. ……..,  20…..
Guru Mapel AL-Qur’an Hadits



(………………………………..)
NIP/NIK:


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan      :  ..............................
Mata Pelajaran              :  AL-Qur’an Hadits
Kelas/Semester            :  XII / Genap
Alokasi Waktu               : 2x45 menit


A.   Standar Kompetensi:
6.      Memahami ayat-ayat al-Qur’an dan hadits tentang makanan yang halal dan baik

B.   Kompetensi  Dasar
6.3    Menunjukkan  perilaku orang yang meng-amalkan QS. Al-Baqarah: 168-169 : QS. Al-Baqarah 172-173 dan hadits tentang makanan yang halal dan baik

C.   Indikator Pencapaian Kompetensi :
§  Menunjukkan perilaku orang yang memperoleh rizki dengan cara yang baik dan halal.
§  Menunjukkan perilaku orang yang  memakan makanan yang halal dan baik seperti terkandung dalam QS. Al-Baqarah:168
§  Menunjukkan perilaku orang yang mendapatkan makanan dengan tidak mengikuti langkah syetan sebagaimana terkandung dalam QS Al-Baqarah: 169-170.
§  Menunjukkan perilaku orang yang memakan makanan yang baik dan bersyukur kepada Allah.seperti yang terkandung dalam QS Al-Baqarah:172
§  Menunjukkan perilaku orang yang menjauhi dan meninggalkan memakan makanan yang diharamkan oleh Allah seperti  terkandung dalam QS Al-Baqarah:173.
§  Menunjukkan perilaku orang yang selalu berupaya untuk memperoleh makanan yang halal dan baik

Nilai Karakter Bangsa
v  Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab.

Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif
v  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
v  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
v  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
v  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
D.   Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
§  Menunjukkan perilaku orang yang memperoleh rizki dengan cara yang baik dan halal.
§  Menunjukkan perilaku orang yang  memakan makanan yang halal dan baik seperti terkandung dalam QS. Al-Baqarah:168
§  Menunjukkan perilaku orang yang mendapatkan makanan dengan tidak mengikuti langkah syetan sebagaimana terkandung dalam QS Al-Baqarah: 169-170.
§  Menunjukkan perilaku orang yang memakan makanan yang baik dan bersyukur kepada Allah.seperti yang terkandung dalam QS Al-Baqarah:172
§  Menunjukkan perilaku orang yang menjauhi dan meninggalkan memakan makanan yang diharamkan oleh Allah seperti  terkandung dalam QS Al-Baqarah:173.
§  Menunjukkan perilaku orang yang selalu berupaya untuk memperoleh makanan yang halal dan baik

E.   Materi Pembelajaran :
§  Contoh perilaku orang yang mengamalkan QS. Al-Baqarah:168-169 : QS. Al-Baqarah 172-173 dan hadits tentang makanan yang halal dan baik

F.    Metode Pembelajaran
§  Model : Kooperatif Learning (Information Search/ student Group)
§  Metode : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi

G.   Langkah Pembelajaran :
o   Pendahuluaan
§  Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat  yang terkait dengan materi.
§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Tanya jawab secara klassikal masalah makanan halal dan haram

o   Kegiatan
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
§  Siswa dibagi dalam kelompok, maks 4 orang dlm kelompok
§  Memperhatikan tayangan melalui sumber media audio visual atau peristiwa di lingkungan masyarakat mengenai perilaku orang yang memakan makanan yang baik dan halal
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
§  Berdiskusi menge-nai perilaku orang yang memakan makanan yang baik dan halal
§  Mengambil kesimpulan setelah berdiskusi mengenai contoh perilaku orang memakan makanan yang baik dan halal
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
§  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.

  • Penutup
§  Guru memberikan tugas mengerjakan soal yang telah disiapkan. (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,);
§  Guru memberikan tugas. (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,);
§  Refleksi/Aplikasi Quantum. (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi.);
§  Guru atau siswa yang ditunjuk membaca renungan.Siswa yang lain mendengarkan dengan khidmat. (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,);
§  Guru bersama siswa membaca do’a penutup majlis (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi.);

H.   Sumber Belajar :
§  Buku pelajaran siswa
§  Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§  Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka Panjimas 
§  M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
§  Referensi perpustakaan
§  Internet
§  Lingkungan sosial
§  Majlis ta’lim
§  Media audio visual
§  Media cetak

I.      Penilaian
o   Penilaian  Proses
o   Penilaian Hasil
§  Jenis Tagihan:
     Tes Tulis
     Tugas
§  Bentuk instrumen
     Tes Subyektif
     Tugas Individual

Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
80-100
Memuaskan
4
70-79
Baik
3
60-69
Cukup
2
45-59
Kurang cukup
1

 
Lembar Penilaian Diskusi

Hari/Tanggal               : …………………………………
Topik diskusi/debat     : …………………………………
No
Sikap/Aspek yang dinilai
Nama Kelompok/ Nama peserta didik
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Penilaian kelompok
1.
Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik



2
Kerjasama kelompok



3
Hasil tugas



Jumlah Nilai Kelompok


Penilaian Individu Peserta didik
1.
Berani mengemukakan pendapat



2.
Berani menjawab pertanyaan



3.
Inisiatif



4.
Ketelitian



Jumlah Nilai Individu




Mengetahui,
Kepala MA ……….



(………………………...……)
NIP/NIK:

…………….. ……..,  20…..
Guru Mapel AL-Qur’an Hadits



(………………………………..)
NIP/NIK:


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan      :  ..............................
Mata Pelajaran              :  AL-Qur’an Hadits
Kelas/Semester            :  XII / Genap
Alokasi Waktu               : 2x45 menit

A.   Standar Kompetensi:
6.      Memahami ayat-ayat al-Qur’an dan hadits tentang makanan yang halal dan baik

B.   Kompetensi  Dasar
6.4    Mengidenti-fikasi makanan yang halal  dan baik seperti terkandung dalam QS. Al-Baqarah:168-169 : QS. Al-Baqarah 172-173 dan hadits tentang makanan yang halal dan baik

C.   Indikator Pencapaian Kompetensi :
§  Membedakan  makanan yang halal dan yang haram.
§  Menjelaskan makanan yang halal dan yang haram
§  Menjelaskan makanan yang halal dan yang haram menurut hukum syar’i
§  Menentukan makanan yang halal dan haram ditinjau dari proses memperolehnya.
§  Menjelaskan makanan yang baik menurut mujudnya.
§  Menentukan makanan yang baik menurut kesehatan.
§  Memberikan contoh makanan yang halal dan haram

Nilai Karakter Bangsa
v  Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab.

Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif
v  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
v  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
v  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
v  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)


D.   Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
§  Membedakan  makanan yang halal dan yang haram.
§  Menjelaskan makanan yang halal dan yang haram
§  Menjelaskan makanan yang halal dan yang haram menurut hukum syar’i
§  Menentukan makanan yang halal dan haram ditinjau dari proses memperolehnya.
§  Menjelaskan makanan yang baik menurut mujudnya.
§  Menentukan makanan yang baik menurut kesehatan.
§  Memberikan contoh makanan yang halal dan haram

E.   Materi Pembelajaran :
§  QS. Al-Baqarah:168-169 : QS. Al-Baqarah 172-173 dan hadits tentang makanan yang halal dan baik

F.    Metode Pembelajaran
§  Model : Kooperatif Learning (Information Search/ student Group)
§  Metode : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi


G.   Langkah Pembelajaran :
o   Pendahuluaan
§  Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat  yang terkait dengan materi.
§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Tanya jawab secara klassikal masalah makanan halal dan haram
o   Kegiatan
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
§  Siswa dibagi beberapa kelompok.
§  Menggali informasi dari beberapa sumber tentang jenis-jenis makanan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
§  Secara berkelompok mendiskusikan kelompok makanan yang halal dan haram
§  Mengambil kesimpulan hasil diskusi
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
§  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.

  • Penutup
§  Guru memberikan tugas mengerjakan soal yang telah disiapkan. (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,);
§  Guru memberikan tugas. (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,);
§  Refleksi/Aplikasi Quantum. (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi.);
§  Guru atau siswa yang ditunjuk membaca renungan.Siswa yang lain mendengarkan dengan khidmat. (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,);
§  Guru bersama siswa membaca do’a penutup majlis (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi.);

H.   Sumber Belajar :
§  Buku pelajaran siswa
§  Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§  Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka Panjimas 
§  M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
§  Referensi perpustakaan
§  Internet
§  Lingkungan sosial
§  Majlis ta’lim
§  Media audio visual
§  Media cetak

I.      Penilaian
o   Penilaian  Proses
o   Penilaian Hasil
§  Jenis Tagihan:
     Tes Tulis
     Tugas
§  Bentuk instrumen
     Tes Subyektif
     Tugas Individual



Mengetahui,
Kepala MA ……….



(………………………...……)
NIP/NIK:

…………….. ……..,  20…..
Guru Mapel AL-Qur’an Hadits



(………………………………..)
NIP/NIK:

Tidak ada komentar: