KAMI SIAP MEMBANTU TEMAN TEMAN GURU DALAM MEMBUAT ADMINISTRASI PEMBELAJARAN

Jumat, 04 Maret 2016

RPP Qur'an Hadits MA kelas XI Semester 2 kurikulum 2013



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan : ...............
Kelas/Semester    : XI/ 2
Mata Pelajaran     : Al Qur’an Hadits
Topik                   : Tanggung Jawab terhadap keluarga dan masyarakat
Pertemuan ke-     : 1-2
Aloksai waktu     : 4 X 45 menit

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan baksat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.     KOMPENTENSI DASAR
3.1. Memahami  ayat-ayat Al-Quran tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat sebagaimana yang terdapat pada Surah  At-Tahrim (66): 6, Surah Thaha (20):132, Al-Anam (6): 70, An- Nisa(4) :36, Hud (11):117–119 dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Abdullah bin Umar hadis riwayat Abu Dawud dari Al Rabi bin Sabrah dan hadis riwayat oleh Al-Bukhari Muslim dari Abu Hurairah.
4.1.Mendemonstrasikan hafalan dan arti per kata ayat Al-Qur'an dan hadis tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat yang terdapat pada Surah  At- Tahrim (66): 6, Surah Thaha (20): 132, Al-Anam (6): 70, An-Nisa(4) :36, Hud (11):117–119 dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Abdullah bin Umar, hadis riwayat Abu Dawud dari Al-Rabi bin Sabrah dan hadis riwayat oleh Al- Bukhari Muslim dari Abu Hurairah.

C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.1.1.  Membaca QS At-Tahrim (66): 6, Surah Thaha (20):132, Al-Anam (6): 70, An- Nisa(4) :36, Hud (11):117–119 dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Abdullah bin Umar hadis riwayat Abu Dawud dari Al Rabi bin Sabrah dan hadis riwayat oleh Al-Bukhari Muslim dari Abu Hurairah tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat.
.
3.1.2.  Menyebutkan makna mufradat QS At-Tahrim (66): 6, Surah Thaha (20):132, Al-Anam (6): 70, An- Nisa(4) :36, Hud (11):117–119 dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Abdullah bin Umar hadis riwayat Abu Dawud dari Al Rabi bin Sabrah dan hadis riwayat oleh Al-Bukhari Muslim dari Abu Hurairah tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat.

3.1.3.  Menjelaskan kandungan QS At-Tahrim (66): 6, Surah Thaha (20):132, Al-Anam (6): 70, An- Nisa(4) :36, Hud (11):117–119 dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Abdullah bin Umar hadis riwayat Abu Dawud dari Al Rabi bin Sabrah dan hadis riwayat oleh Al-Bukhari Muslim dari Abu Hurairah tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat.
4.1.1   Menunjukan perilaku tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat.

D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah melakukan pengamatan, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan diharapkan peserta didik dapat :
1.      Membaca QS At-Tahrim (66): 6, Surah Thaha (20):132, Al-Anam (6): 70, An- Nisa(4) :36, Hud (11):117–119 dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Abdullah bin Umar hadis riwayat Abu Dawud dari Al Rabi bin Sabrah dan hadis riwayat oleh Al-Bukhari Muslim dari Abu Hurairah tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat.
2.      Menyebutkan makna mufradat QS At-Tahrim (66): 6, Surah Thaha (20):132, Al-Anam (6): 70, An- Nisa(4) :36, Hud (11):117–119 dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Abdullah bin Umar hadis riwayat Abu Dawud dari Al Rabi bin Sabrah dan hadis riwayat oleh Al-Bukhari Muslim dari Abu Hurairah tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat.
3.      Menjelaskan kandungan QS At-Tahrim (66): 6, Surah Thaha (20):132, Al-Anam (6): 70, An- Nisa(4) :36, Hud (11):117–119 dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Abdullah bin Umar hadis riwayat Abu Dawud dari Al Rabi bin Sabrah dan hadis riwayat oleh Al-Bukhari Muslim dari Abu Hurairah tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat.
4.      Menunjukan perilaku tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat.

E.     MATERI POKOK
ü  Surah  At-Tahrim (66): 6, Surah Thaha (20):132, Al-Anam (6): 70, An- Nisa(4) :36, Hud (11):117–119 dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Abdullah bin Umar hadis riwayat Abu Dawud dari Al-Rabi bin Sabrah dan hadis riwayat oleh Al- Bukhari Muslim dari Abu Hurairah tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat.

F.      METODE PEMBELAJARAN
1.      Pendekatan: Saintifik
2.      Strategi      : CooperativeJigsaw
3.      Metode      : Ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan

G.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
KEGIATAN
DISKRIPSI
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
·         Memberikan salam
·         Menanyakan kepada siswa kesiapan dan kenyamanan untuk belajar
·         Menanyakan kehadiran siswa
·         Mempersilakan salah satu siswa memimpin doa
·         Tanya jawab materi sebelumnya mengenai yang akan dibahas


10 Menit
Inti
Mengamati
·  Membaca salah satu ayat dan hadis yang berkaitan dengan tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat
·  Mengamati gambar yang terkait dengan salah satutanggung
jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat Mendengar,uraian guru tentangtanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat
Menanya
·    Menanyakan beberapa pertanyaan terkait dengan tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat
·    Memberi tanggapan atas pertanyaan yang diajukan guru atau teman sejawat
 ·    mengungkapkan pendapat atau komentar atas penjelasan guru tentangtanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat
Mengeksplorasi
·     Menentukan sumber informasi berkaitan dengan tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat
·     Mengumpulkan data dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat
 Mengasosiasikan
·    Mencari hubungan antara tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat dengan aspek sosial budaya dalam kehidupan masyarakat
·    Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat
Mengkomunikasikan
·   Mempresentasikan kesimpulan berdasarkan hasil temuan atau wawancara di lapangan
·    Menyampaikan hasil belajar atau hasil temuan tentangtanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat
65 menit
Penutup
·         Klarifikasi/kesimpulan siswa dibantu oleh guru menyimpulkan materi
·         Evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran
·         Siswa melakukan refleksi tentang pelaksanaan pembelajaran
·         Mengucapkan salam

15 menit


H.    PENILAIAN
a.    Tes
                       1.          Uraian
                       2.          Pilihan Ganda

b.    Non Tes
1.         Lembar pengamatan kerja kelompok (terlampir)
2.         Lembar pengamatan presentasi (terlampir)
3.         Lembar pengamatan sikap (terlampir )

Penilaian Pengetahuan
1.      jelaskan arti dari QS at Thamrin ayat 66 !
2.      sebutkan wujud tanggung jawab terhadap keluarga !
3.      jelaskan pengertian tanggung jawab terhadap masyarakat !
4.      jelaskan isi QS Taha 20
5.      jelaskan implementasi perilaku tanggung jawab terhadap masyarakat !

PENSKORAN

Penskoran
No.
Aspek yang Dinilai
Skor
1
Peserta didik yang mengerjakan dengan lengkap dan benar Uraian setiap nomer skore 20
Nilai = Jumlah Skore x 5             N = 20 x 5 = 100
100


Penilaian Ketrampilan
Rubrik Penilaian Presentasi
No.
Nama Siswa
A s p e k  P e n i l a i a n
Jumlah
Skor
Nilai
Ket.
Komuni
kasi
Sistematika penyam
Paian
Wawa
san
Keberanian
Antusias
Gesture dan penampilan













































Keterangan Skor :                                          
Masing-masing kolom diisi dengan kriteria
4                   = Baik Sekali
3                   = Baik
2                   = Cukup
1                   = Kurang

                           Skor perolehan
Nilai     =                                      X  100
                           Skor Maksimal (20)

Kriteria Nilai
          A  =                80 – 100             :                             Baik Sekali  
          B  =                70 – 79               :                             Baik
          C  =                60 – 69               :                             Cukup
          D  =                ‹ 60                     :                             Kurang

Penilaian Sikap

No.

Nilai Sikap/Karakter yang Diamati
Kondisi yang Dicapai
Ya
Belum
A
Sikap Ketuhanan
Kemampuan menghargai hasil budaya sebagai karunia Tuhan YME.


B.
Sikap Sosial



1. Jujur
2. Tanggung Jawab
3. Ketepatan Waktu
4. Kerjasama






I.       SUMBER DAN ALAT BELAJAR
·         Buku Pedoman Guru Mapel Al-Quran Hadis MA Kemenag RI, 2014
·         Buku Pegangan Siswa Mapel Al-Quran Hadis MA Kemenag RI
·          Al-Quran dan Terjamahanya
·         Buku Penunjangb Lainnya  Yang Sesuai
·          Media cetak dan elektronik sesuai materi
·         Lingkungan sekitar yang mendukung



Mengetahui,
Kepala MA ...............................


( ........................................)
NIP. ...................................

Klaten,  .......................... 20......
Guru mapel Al Qur’an Hadits


( ................................. )
NIP. ............................


 Nb. Bpk Ibu yang menghendaki file lengkapnya dari prota, promes, silabus, rpp, dan                       penilaiannya  silahkan hub saya di no hp. 085228182296 atau 085868482296

Tidak ada komentar: